Tip's dan Trik Agar Cucian Tetap Segar Di Musim Penghujan | frenchsampler

Minggu, 19 Januari 2014

http://www.athba.net/
Athba.net-Belakangan ini, curah hujan terus meningkat, mengguyur bumi Nusantara tidak pilih-pilih dan tanpa ampun. Dengan iklim seperti sekarang, di mana hujan turun begitu rutin dari pagi sampai malam hari. Sehari penuh, seakan matahari enggan berbagi sinarnya, sampai akhirnya mengakibatkan banjir!

Masalah umum lainnya saat musim hujan adalah cucian yang tak kunjung kering akibat langkanya sinar matahari, yang ada baju hanya setengah kering dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Baju yang tak benar-benar kering sudah pasti menebarkan bau apek dan lembab. Lebih buruk lagi, baju yang lembap akan menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab alergi dan penyakit lainnya.

Lalu, bagaimana caranya agar baju kamu bisa kering sempurna dan wangi di saat hari hujan?

1. Pastikan kamu menggunakan air yang bersih saat mencuci.

2. Gunakan sabun atau deterjen hingga merata pada seluruh bagian baju. Dengan demikin, sabun akan membantu menghilangkan atau mengurangi kuman yang menempel pada baju bekas pakai.

3. Agar bau tak sedap pada baju ini jadi lebih segar, kamu bisa memilih deterjen dengan tambahan ekstrak lemon. Ekstrak lemon berfungsi sebagai deodoran kain, terutama katun. Ternyata aroma lemon nan segar akan menempel lebih lama dibandingkan aroma bunga.

4.Bilas baju sampai benar-benar bersih. Pastikan gelembung sabun tak lagi terlihat saat Anda sedang membilas pakaian. Residu deterjen bisa membuat bau tak sedap di baju.

5. Gunakan kondisioner (pelembut) kain dan juga pewangi agar pakaian tetap lembut dan harum. Beberapa kondisioner kain ini, memiliki formulasi yang bisa membantu baju lebih cepat kering bahkan tanpa sinar matahari.

6. Gunakan pengering baju di mesin cuci untuk menghilangkan kelebihan air pada baju. Pengering ini akan membantu Anda mempercepat proses mengeringnya baju dengan sedikit bantuan angin.

7. Agar lebih cepat kering, sebaiknya baju dijemur dengan cara digantung. Jika dijemur dengan ditekuk maka mungkin saja ada bagian-bagian yang masih basah.

8. Setelah kering, langsung gosok baju dengan lembut. Jangan biarkan baju menumpuk karena bisa saja tercampur dengan baju yang mungkin masih basah. Selain itu, menumpuk baju akan meningkatkan kelembaban yang berpotensi menumbuhkan bakteri.

Mungkin ada yang bisa di tambahin dari pengalaman kamu.

Sumber : kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar